Skip to main content

Spesifikasi dan Harga Huawei Nova 3e Terbaru 2018

Setelah sukses dalam penjualan di indonesia, tahun ini Huawei telah meluncurkan Nova 3e dengan harga yang sedikit lebih tinggi di banding pendahulunya Nova 2i, spesifikasi dan fitur smartphone Huawei ini telah mengalami sejumlah peningkatan yang patut dipertimbangkan.

Spesifikasi Huawei Nova 3e

Dibandingkan dengan Nova 2i, smartphone mid-range Huawei Nova 3e memiliki banyak peningkatan positif dalam desain dan fitur. Aspek pertama dan paling mencolok dari layar, dengan layar full screen dan berponi, dengan menempatkan kamera depan dan speakerphone di bagian tengah atas. Selain itu bagian bodi belakang yang mengkilap, dengan warna biru yang sangat halus (Klein Blue) menambah kesan smartphone ini lebih berkelas, tapi bagian belakang yang terbuat dari kaca membuat bekas sidik jari mudah menempel.

Desain Huawei Nova 3e

Huawei Nova 3e 1

Ketika dipegang, Huawei Nova 3e sangat pas digenggaman dan dapat digunakan hanya dengan dengan satu tangan dengan nyaman. Empat sudut bundar pada bodinya membuatnya mudah untuk digenggam, chassis terbuat dari paduan, sisi kiri dan kanan terdapat tombol volume dan power.

Bagian belakang kamera terdapat kamera ganda, sekilas terlihat desain kamera belakang mirip iPhone X, karena Kamera Huawei DUAL LENS ditempatkan secara vertikal. Mengenai tombol kunci dan tata letak port koneksi, Nova 3e memiliki tombol volume dan tombol power di sebelah kanan, speakerphone, jack 3,5mm untuk audio dan pengisian / port data terletak di bagian bawah.

Nova 3e juga merupakan smartphone midrange pertama yang memiliki fitur port pengisian USB Tipe-C Huawei dan fitur pengisian cepat (9V / 2A). Baterai pada smartphone ini memiliki kapasitas hingga 3000 mAh, tetapi fitur pengisi daya yang cepat membuat penggunaan baterai tidak menjadi masalah ketika digunakan.

Fitur Huawei Nova 3e

Fitur Huawei Nova 3e 2

Kesan pertama pada layar Nova 3e sangat menyenangkan dan navigasi tidak mengganggu terlalu banyak. Misalnya Anda tidak suka muncul 3 tombol navigasi virtual di bawah layar, cukup klik tanda panah ke bawah di sudut kiri layar untuk menyembunyikan tombol navikasi dan mengakitifkan ketika dibutuhkan, Anda hanya perlu mengusap layar dari bawah ke atas dari bagian bawah ponsel.

Ingin mencari dan membuka beberapa aplikasi? Huawei telah mengadopsi cara yang telah dilakukan iOS, dan tentu saja sama keefektivitasnya, pada layar utama Anda dapat mengusap layar ke bawah untuk membuka kotak pencarian dan ketik kata pertama dari nama aplikasi yang ingin Anda buka, sistem akan menempatkan ikon aplikasi untuk Anda buka.

Dengan layar 18: 9 dan berponi, smartphone ini bisa menjadi alternatif jika Anda menginginkan Iphone X. Dengan smartphone ini masih memungkinkan Anda untuk mengubah font di layar, jika Anda ingin mengoptimalkan ruang untuk menampilkan lebih banyak aplikasi.

Sayangnya, Nova 3e adalah layar 5,84 inci dengan layar TFT, bukan IPS. Sementara Huawei tampaknya mendapat sedikit flakier, dibandingkan dengan IPS, kecerahan kamera tidak sebagus yang Anda bayangkan membuatnya sulit untuk membaca tulisan pada layar di ruangan terbuka. Saturasi warna juga sedikit lebih tinggi, sehingga ketika Anda mengambil gambar pada smartphone ini, kemudian Anda ingin melihat gambar di komputer atau perangkat lain akan terasa agak pucat.

Dari segi konfigurasi, Huawei Nova 3e menggunakan CPU, RAM, ROM dari Huawei Nova 2i sehingga dapat dikatakan bahwa mesin tersebut tidak terasa sangat berbeda dalam kinerjanya dibandingkan dengan pendahulunya. Smartphone ini masih menggunakan 659 chip quad core, RAM 4GB dan ROM 64GB, meskipun mirip dengan produk sebelumnya, tetapi harga dari smartphone ini sekitar 7 juta, tapi harga tersebut sebanding konfigurasi yang cukup baik, bahkan ketika bermain game berat seperti Asphalt 8 hanya akan membuat Anda nyaman dalam penggunaan.

Performa yang sebenarnya dari Nova 3e tidak jauh berbeda dengan Nova 2i, meskipun Huawei memiliki pengoptimalan yang lebih baik, sulit untuk mengenali perbedaannya, secara pribadi mungkin perbedaannya hanya sekitar 10% dari kinerja pendahulunya. Dengan beberapa game seperti Asphalt 8 Anda akan melihat fenomena lag saat bermain, atau Shadow Fight maksimum Anda hanya memiliki grafis tingkat Menengah. Dalam hal kekuatan pemrosesan, Kirin 659 bekerja sangat baik, tetapi dengan persyaratan grafis, chip ini tidak begitu bagus.

Untuk kinerja bateranya, hanya dengan kapasitas 3.000 mAh, menyebabkan baterai Nova 3e tidak tahan lama ketika digunakan bermain game. Tapi ketika mengunakan smartphone ini untuk menjelajah web, menonton video online, menjelajahi facebook, membalas email dan mengambil gambar, baterainya masih bertahan cukup lama. Tapi dengan fast charging membuat kapasitas baterai tidak menjadi masalah terlalu berarti karena baterai akan cepat terisi ketika Anda lakukan pengisian baterai.

Mengenai kameranya, Huawei Nova 3e tetap menggunakan kamera belakang dual resolusi 16MP + 2MP seperti pada Nova 2i. Kamera depan kamera hanya memiliki 16 MP tetapi masih bisa menangkap objek dengan baik.

Tapi ketika digunakan kualitas gambarnya masih belum lebih baik dari pendahulunya. Namun, untuk pengguna malam hari, fitur modus malam kamera akan berguna lebih baik.

Kesimpulan

Dalam seri smartphone yang baru-baru ini dirilis yang mendukung layar notch, Huawei Nova 3e bisa menjadi pilihan Anda dalam hal harga, gambar cerah, dukungan kamera ganda dan kemampuan pengisian cepat. Namun, jika Anda sudah menggunakan Nova 2i maka upgrade ke smartphone ini mungkin tidak diperlukan, kecuali Anda benar-benar menyukai desain layar notch.